Friday, August 17, 2007

Rumah makan Hap Nyam-nyam

Aku berkhayal. PPIG sewa kios untuk bikin rumah makan di Paddepoel. Namanya, rumah makan Hap Nyam-yam. Imut banget ya! Yuk, kita lihat bagaimana Hap Nyam-nyam ini dikelola.

Semua keuntungan Hap Nyam-nyam dipakai sebaik-baiknya untuk membiayai kegiatan PPIG dan untuk menyantuni anak-anak miskin di Indonesia. Apa sih kegiatan PPIG? Banyak. PPIG punya kegiatan olahraga dan kesenian. Ada pertandingan basket, sepak bola, pingpong, voli. Ada juga vocal group, tari saman, group lawak. Pertandingan olahraga rutin tiap tiga bulan di beberapa kota. Begitu juga manggung acara kesenian di kota-kota lain dan jadi duta kesenian Indonesia. Sekalian tanding dan manggung, sekalian juga jalan-jalan. Asik kan?

Untuk anak-anak miskin, tiap bulan ada donasi ke lembaga-lembaga kemanusiaan, misalnya Dompet Duafa, Dompet Kemanusiaan Kompas, dll. Jadi, tiap bulan pasti ada aliran dana dari Belanda ke Indonesia. Aduh, senangnya bisa belajar sambil beramal!

Apa yang disediakan oleh Hap Nyam-nyam? Banyak, rupa-rupa masakan buatan mahasiswa/i Indonesia. Tiap orang bergiliran masak tiap hari. Yang tidak bisa masak, kebagian cuci piring, bersih-bersih, jadi kasir, bagian pemasaran dan jadi satpam. Kalau perlu ada yang bertugas ngamen … hehehe ... emangnya di Jogja!

Uang masuk, uang keluar, keuntungan, semuanya transparan, bukan sekedar remang-remang. Pos-pos pemasukan dan pengeluaran, semuanya rinci. Ga ada yang ditutup-tutupi, wong ini milik kita bersama kok. Karena semuanya jelas dan semuanya dilibatkan, tidak ada yang segan bekerja dan membantu. Tidak ada kecurigaan dan prasangka. Plong!

Tunggu dulu. Tiap hari ngurusin Hap Nyam-nyam, ngurus klub olah raga dan kesenian? Lalu kapan belajarnya? Ah … engga! Kita ke Belanda kan untuk belajar. Ga ah! Ga usah buka rumah makan Hap Nyam-nyam kalau nanti ga lulus kuliah!

Sekarang berhenti berkhayal dulu. Ada yang lebih penting daripada rumah makan Hap Nyam-nyam. Besok harus ngumpulin paper, euyyy!

Salam,

mia *)

*) rindu transparansi

http://www.ppigroningen.nl/node/190


0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home