Thursday, November 15, 2007

Wup Holland wup!

Senin, 26 Juli 2006. Mendung, kelabu dan hujan rintik-rintik menyelimuti seluruh Belanda. Suasana yang pas untuk menemani rasa duka citanya warga Belanda karena kekalahan tim mereka di Jerman.


Jauh-jauh hari sebelumnya, di lingkungan rumah (kos) kami yang nun jauh di Beijum sana, banyak warga yang begitu setia memberi dukungan moral bagi tim kesayangan mereka. Panji-panji jingga berkibar dengan megah. Foto besar tim oranye dipajang di jendela kamar. Semangat banget deh! Bisa dimengerti jika suasana Senin pagi itu menjadi begitu kelam.


Wuppie (World Unique Product Promotion Identity and Emotion)

Dukungan moral juga datang dari supermarket Albert Heijn. Ia membagikan logo Wuppie, logo oranye yang imut banget. Kakinya besar, tidak berbadan tapi hanya berkepala bulat dari bulu wol, dua mata dan dua antena. Wup Holland wup adalah plesetannya Hup Holland Hup (Go Holland Go) yang jadi slogannya Mc Donald Belanda. Saya sempat bertanya-tanya, kenapa namanya Wuppie dan bukan Huppie.


Wuppie ada dalam ukuran besar (mega wuppie) tetapi yang diberikan gratis kepada pelanggan Albert Heijn adalah wuppie kecil. Konon wuppie ukuran besar sangat digemari orang Belanda sampai-sampai mobil terparkir di depan rumah dicongkel orang, hanya untuk mengambil wuppie nya. Barang-barang berharga lain malah utuh, tak disentuh.


Rejeki nomplok di hari duka

Sudah berminggu-minggu saya selalu berharap dapat wuppie dari Albert Heijn tapi belum pernah kesampaian. Mau minta, tapi kok minder wardig ya! Tau diri dong, masak yang dibeli selalu hanya produk Euroshop yang murah meriah, kok pede minta Wuppie! Walhasil, hanya bisa ngiler aja. Aduh, nelangsa tenan sih!


Senin pagi itu saya belanja ke Albert Heijn. Masih dalam suasana berkabung, dimana-mana ketemu orang Belanda yang wajahnya muram durja. Tapi sungguh tidak disangka-sangka, kasirnya Albert Heijn kelihatan gembira aja. Dia tidak bertanya lagi dan langsung memberi 2 buah wuppie. Padahal pelanggan di depan saya, ditanya dulu dan (anehnya) dia tidak mau diberi wuppie.


Mungkin kasir itu jelas melihat ada air liur mengalir di ujung bibirku. Mungkin juga kebijakan perusahaan ingin cepat menghabiskan wuppie. Toh tim kesayangan mereka sudah mulai mengepak barang untuk pulang kandang. Atau mungkin kasir itu keturunan Portugal, atau kawin dengan orang Portugal, atau menang taruhan karena belain Portugal.


Ah! Saya tidak peduli alasannya, yang pasti hari Senin itu hari gembira. Dapat boneka wuppie kenang-kenangan WK 2006 tanpa harus mencongkel mobil orang … hehehe!


Salam,

mb (mia bachtiar) yang mb (memble banget)

bukan mb (michael ballack) yang mb (main bola)

em be rrr!!!

Submitted by mia on Mon, 2006-06-26 13:26
http://www.ppigroningen.nl/node/211

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home